Senin, April 29, 2024
Berita

DPMPTSP Kabupaten Pemalang Berperan Aktif dalam Peningkatan Potensi Kebutuhan Kemitraan Pelaku Usaha

PEMALANG – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pemalang, melaksanakan kegiatan ”PENJARINGAN POTENSI KEBUTUHAN KEMITRAAN PELAKU USAHA”, dengan mengundang 30 Pelaku Usaha menengah dan besar dari berbagai sektor yaitu Industri, Kontruksi, Kesehatan, dan Pertanian pada Rabu, 8 Maret 2023.

Kemitraan adalah kerjasama dalam keterkaitan usaha, baik langsung maupun tidak langsung. antara usaha mikro dan atau usaha kecil dengan usaha menengah atau besar. Kemitraan ini juga disertai pembinaan dan pengembangan dengan berprinsip saling memerlukan, saling mempercayai, saling memperkuat dan saling menguntungkan.

Hal ini selaras dengan arahan Presiden Jokowi bahwa kemitraan UMK dengan usaha menengah dan besar sangat penting, agar UMK bisa masuk dalam rantai produksi global, meningkatkan peluang UMk untuk naik kelas, dan meningkatkan kualitas usaha UMK menjadi lebih baik.

Dari kedua hal di atas jelas menunjukkan, secara moral para pengusaha mempunyai kewajiban untuk turut serta meningkatkan kesejahtertaan masyarakat, Sehingga masyarakat khususnya UMK tidak hanya sebagai penonton, tapi berperan aktif didalamnya.

Pemerintah Kabupaten Pemalang mempunyai program-program unggulan antara lain KOTA INDUSTRI (KOIN). Program ini menunjukkan keberpihakan Pemerintah kepada investasi atau yang sering disebut PRO INVESTASI. Implemantasinya Pemerintah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan berbagai kemudahan kepada pelaku usaha. Regulasi-regulasi untuk kemudahan berusaha juga telah disusun. Pemerintah Kabupaten Pemalang sekarang telah memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP) sebagai salah satu bentuk fasilitas yang dberikan kepada semua pelaku usaha.

Hal-hal diatas dilakukan karena Pemerintah Kabupaten Pemalang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui dunia usaha. Sehingga terbentuk kerjasama yang baik antara para pengusaha dengan UMK untuk mencapai tujuan tersebut.  Pemerintah sesuai fungsinya bertindak sebagai fasilitator.

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Sentana Pemalang dan di buka langsung oleh Kepala DPMPTSP Kabupaten Pemalang Bapak Khaeron, S.H.,M.M dengan menghadirkan Narasumber dari Praktisi dari DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah dan DPMPTSP Kabupaten Pemalang.

Lebih jauh realisasi kemitraan antara UMK dan pengusaha menengah maupun besar, kami harapkan segera terwujud.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *